18 Penelitian Dosen STAIN Kepri Diseminarkan

STAIN KEPRI – Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau menggelar seminar hasil penelitian 2023 pada Jumat, 20 Oktober 2023 yang digelar secara daring. Sebanyak untuk 18 judul penelitian di paparkan dalam kegiatan Kegiatan ini adalah bagian dari pertanggungjawaban dari para peneliti terhadap hasil penelitiannya. Adapun reviewer pada seminar ini ialah Prof. Dr. Ngainun Naim dari UIN Tulungagung, Dr. Julina dari UIN Pekanbaru, Dr. Tanti, M.Si dari UIN Jambi, dan Dr. Wirawan Fadly, M.Pd dari IAIN Ponorogo.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarkat, Abd. Rahman Mawazi, dalam sambutan pembukaannya mengakatan bahwa seminar akhir bagian rangkaian kegiatan penelitian tahun 2023. Sesuai dengan petunjuk teknisnya, penelitian 2023 ini memiliki dua hal penting, yakni output dan outcome penelitian.

“Peneliti wajib menyampaikan laporan, baik laporan penelitiannya maupun laporan administrasinya. Dan yang lebih penting lagi ialah luaran dari penelitian ini, yakni publikasi di jurnal terakreditasi. Dengan adanya seminar akhir ini, mudah-mudahan masukan dari reviewer bisa menjadi catatan penting untuk perbaikan,” katanya.

Sedangkan dalam pengantar singkatnya, Prof. Ngainun Naim juga menyatakan bahwa penelitian merupakan bagian penting dari tugas perguruan tinggi. Sedangkan penelitian bagi seorang dosen adalah proses belajar yang tiada henti, sebab itu dosen wajib melakukan penelitian. Meski demikian, Ngainun mengakui bahwa melaksanakan penelitian ini juga bukanlan perkara mudah, sebab dosen itu memiliki tugas mengajar dan mengabdi juga.

“Penelitian itu membutuhkan porsi waktu yang panjang. Kita semua bukanlah pengangguran yang hanya meneliti. Tetapi juga kita adalah dosen yang juga disibukan dengan kerja sebagai dosen dan kerja administrasi,” katanya.

Ngainun juga mengingatkan bahwa seminar akhir ini bukan untuk mengadili peneliti, melainkan juga sebagai masukan untuk perbaikan. “Review bukalan untuk mengadili, namun berbagi untuk meningkatkan kualitas,” ujar dia.

Teknis pelaksaan seminar akhir ini di bagi menjadi dua kelompok sebanyak Sembilan orang perkolompok. Masing-masing peneliti mendapakatkan kesempatan untuk memaparkan secara singkat hasil penelitiannya lalu diberikan masukan oleh reviewer. Judul penelitian pada 2023 ini juga cukup beragam, mulai dari pendidikan, moderasi beragama, syariah dan hukum dan lainnya. []

328 Views

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *